PENGARUH IPTEK TERHADAP IDEOLOGI BANGSA

Hi Fellas!

     Saat ini kita telah memasuki era perkembangan IPTEK yang setiap detiknya selalu mengalami perubahan dimana ruang waktu dan jarak bukan lagi sebagai pembatas. Globalisasi makin berpengaruh terhadap perubahan-perubahan nilai budaya bangsa. Arus informasi yang semakin deras berdampak ke peluang akses masyarakat untuk mulai mengikuti budaya asing dan pada akhirnya tidak lagi mengutamakan budaya bangsanya sendiri. Betapa menyedihkan kedar semangat kebangsaan dalam seluruh aspek kehidupan sangat menurun. Inilah yang pada akhirnya kita bisa mengatakan bahwa setiap perkembangan IPTEK berpengaruh terhadap ideologi bangsa yang terpaparkan dalam nilai nilai pancasila.
    
     UU No 18 Tahun 2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menyebutkan :
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang strategis adalah beberbagai cabang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memiliki keterkaitan yang luas dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi secara menyeluruh, atau berpotensi memberi dukungan yang besar bagi kesejahteraan masyarakat, kemajuan bangsa, keamanan dan ketahanan bagi perlindungan negara, pelestarian fungsi lingkungan hidup, pelestarian nilai luhur budaya, serta peningkatan kehidupan manusia.
(https://kelembagaan.ristekdikti.go.id)


   
     Keterkaitan dan Dampak Negatif IPTEK terhadap Nilai-Nilai Pancasila
  1. (Sila pertama) terkadang IPTEK khususnya dunia maya menjadi akses untuk menyebarkan doktrin sesat dimana mengajak para penggunanya atau pembacanya untuk mengikuti ajaran sesat sehingga dapat mengganggu kehidupan beragama di Indonesia.
  2. (Sila kedua) seseorang dapat saling menghujat satu sama lain melalui media yang diciptakan melalui teknologi informasi.
  3. (Sila ketiga) mengundang hal-hal yang berbau SARA yang dapat memecah belah persatuan bangsa.
  4. (Sila keempat) tidak dapat menjamin masyarakat dapat berpendapat sebagaimana mestinya.
  5. (Sila kelima) belum semua warga Indonesia merasakan kemajuan IPTEK antara warga kota maupun warga pelosok. Sehingga terjadi ketimpangan di dalamnya.
     Memang  kemajuan IPTEK tidak secara langsung mempengaruhi nilai-nilai nasionalisme namun ada baiknya jika kita lebih waspada terhadap kemajuan IPTEK. Di sisi lain globalisasi membuka cakrawala kita terhadap dunia global. Justru hal tersebut menjadi ancaman bagi bangsa kita sehingga perlu ditanamkannya nilai-nilai Pancasila dalam dunia pendidikan dan kehidupan sehari-hari dengan menerapkan Pengetahuan tentang nilai nilai Pancasila. 

Komentar

  1. Maka kita harus pintar" memanfaatkan iptek dan mengelolanya untuk hal yang positif

    BalasHapus
  2. terimakasih bagai mana cara kita agar kemajuan iptak bisa berkembang dengan
    budaya kita yg berbeda beda pada bangsa dan negara indonesia kita ini.

    kunjungi Blog saya di
    https://wicaktoha.blogspot.co.id

    dan kunjungi juga
    www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer