PSYTRAP APPEARS

Semenjak gue memasuki dunia dimana gue harus merubah hidup gue dan gue juga sudah harus memikirkan mau dibawa kemana diri gue di seluruh aspek layaknya manusia hidup entah dari bangun tidur yang mana gue harus melek matiin alarm, memulai rutinitas gue sebagai mahasiswa yang dituntut mandiri tidak bergantung dengan orang tua lagi, menghadapi masalah-masalah di luar sana, bingung mikirin mau makan apa hari ini, panik kalo hujan keinget jemuran di kost, kalo orang-orang dilema mau beli paket internet dan gue engga wkwk because kost gue ada wifinya tapi tetep aja bayar per bulan, sampe gue mau tidur lagi dan harus ngeset weekend alarm dan ga sering gue mikir kalo besok itu weekend mau hedon apa engga. Ya kek gini ini ga jauh jauh yang ada di otak mahasiswa kampus gue, especially bagi mahasiswa-mahasiswa yang baru banget nge kost dan terlalu excited jadi anak kost dan baru pertama kali jauh dari orang tua. But, sebenernya kalo gue pikir-pikir lagi (ya emang udah pasti sih) hal-hal kek gitu tuh sebenernya gausah dipikirin wkwk ya i mean let it flow biar lo jalanin aja sesuai arusnya jangan sampe cuma kepikiran hal-hal kek gitu yang menurut gue wasting your time banget dan menuh menuhin otak lo dan akhirnya lo ga mikirin target kuliah. Ya apalah gue masih bau kencur juga tapi yang gue lihat ga sedikit orang ada yang kek gini. Ga sedikit juga orang-orang di kampus gue taat belajar banget ya mau gimana ya hidup dan mencari ilmu di lingkungan pendidikan kedinasan yang kalo kita gabisa relize diri kita mau dibawa kemana ya ancamannya drop out. Berbeda dengan perguruan tinggi lain yang mungkin masih bisa diringankanlah konsekuensinya.

So,untuk bisa masuk ke kampus gue ini lumayan cukup challenging, terdiri dari tiga tahap test yang banyak orang gugur satu per satu didalamnya yang bikin gue bisa mati jantungan nungguin pengumuman tiap test nya. Sedikit info wkwk gue tau kalo lulus tiap tahap test itu dari temen gue yang setiap pengumuman keluar dia selalu ngechat gue dan dia bilang kalo gue lulus test. Dan itu berlaku dari test tahap satu samapai tahap tiga. Jadi intinya, gue tau kalo gue lulus bukan dari gue langsung tapi dari orang lain. Kalo dibilang extra fight sih bisa iya tapi sebenernya pertarungan lo dimulai saat lo udah kuliah. Suasanan tiap hari yang gue rasakan kalo di kampus adalah menyaksikan dan melebur juga sih gue di dalam orang-orang yang sedang berlomba-lomba ya gimana engga konsekuensi drop out kampus gue itu bisa dilihat dari sisi batas minimal indeks prestasinya. Dari awal masuk, seluruh civitas kampus dianjurkan untuk saling peduli satu sama lain khususnya kepada mahasiswa untuk saling membantu jika salah satu dari teman lainnya kesusahan dalam belajar biar kalo kita kita bilang 'zero DO'. Gue seneng sih awalnya, tapi tidak menutup kemungkinan terdapat orang-orang yang bisa dibilang selfish dalam hal kepedulian bagi orang lain. Nyatanya psytrap is everywhere. Gue ga tau ya ini apa cuma di kampus gue doang apa di kampus lain juga ada atau malah bahkan di sma juga ada karna gue flashback ke masa sma kok ya ada rasa-rasa psytrap juga waktu itu. 

Bagi yang gak tau psytrap itu apa.. jadi, psytrap itu kalo gua search di mbah google intinya adalah perangkap kejiwaan. But yang mau gua bahas adalah psytrap itu (ini dari kacamata mahasiswa ya guyzz)paling keliatan kalo macam-macam waktu mau quiz, uts, uas. Jadi, orang-orang yang sederhananya kalo ditanya 'udah belajar belum?' trus dia jawab 'belum nih, boro-boro mau belajar kemarin gue streamingan beauty vlogger mulu nih' trus pada saat quiz ternyata nilainya tertinggi bruh. ATAU orang-orang yang kelihatannya gapernah belajar bareng kalo ada tentir, kalo ditanya soal materi kuliah jawabnya selalu 'gak tau gue gak ngerti' eh tau-tau IP nya tertinggi satu kampus. So what do you think guys??? Ya gue sih tidak langsung membenarkan dan menyalahkan fenomena seperti itu. Itu hukum alam dimana manusia yang selalu ingin menjadi yang terbaik. Pendapat gue sih yang pertama bagi para psytrap tolong berhenti unntuk membohongi diri sendiri dan banyak orang, i mean ya kalo ditanya udah belajar belom kalo emang udah belajar ya bilang udah gausah ngeles karna lo males ngajarin temenlo yang mau bertanya tentang materi kuliah. Ga ada yang ngelarang juga sih jadi psytrap mungkin identik kalo psytrap itu kayak colong start duluan kali ya?? positively,justru yuo're needed kalo lo itu jujur setiap ditanya. Banyak orang yang membutuhkan lo karna lo udah tahu lebih dulu (atau sudah memahami lebih dalam) daripada orang lain tentang sesuatu hal. Menurut gue ilmu itu tidak untuk dipendam sendiri tapi juga untuk dibagi dengan begitu kita dapet kepuasan tersendiri kalo kita ikhlas berbaginya dan bonusnya pahala sih. 

Terus yang kedua, untuk orang-orang yang sering menjudge seseorang like 'dasar psytrap..'. Sangat disayangkan juga sih maksud gue ya kenapa emangnya kalo dia psytrap? itu keputusan dia untuk hidup dia kok. 'dasar psytrap..' kalimat ini kita gak tau orang yang kita judge bakal ngerasa apa di hatinya. Jujur di kelas gue banyak banget yang kek gitu dan itu annoying banget tau ga. Mungkin kita bisa ngejudge dia sebagai psytrap karna cara belajar dia yang emang harus belajar menyendiri tidak bisa belajar bersama ditambah lagi orang itu tidak punya bakat untuk mengajarkan ke teman yang lainnya sehingga dengan terpaksa dia harus berbohong 'engga tau aku ga ngerti materi itu' karna dia grogian kalo ngajarin orang. Kadang kita gapernah tau apa yang sedang terjadi walaupun itu teman sekelas kita. 

So i hope you guys, hidup yang wajar wajar ajalah wkwk jangan karna keegoisan lo terhadap suatu hal yang ingin lo raih sehingga lo membatasi diri lo untuk berbagi kepada orang lain yang pada hakikatnya hal tersebut positif juga untuk lo lakuin dan menurut gue ga merugikan kok. Jangan pernah beranggapan kalo kita berbagi ilmu maka ilmu yang kita punya akan berkurang. Ya engga lah emang lo kira ilmu itu slices of cake yang kalo dipotong trus dibagiin akan habis wkwk #apaansih 



Komentar

Postingan Populer